Mekari Qontak
Other Business Sales

Apakah Karir di Bidang Sales Memang Sesuai Jadi Pilihan?

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk kemungkinan berkarir di dunia sales atau penjualan, Anda perlu mengadakan assessment atau pemeriksaan terhadap diri sendiri. Tidak semua orang memiliki insting alami untuk menjadi seorang salesperson yang sukses. Begitu banyaknya orang yang mengambil peran sebagai seorang salesperson dan tingginya orang yang ingin berkarir atau akhirnya berkarir sebagai salesperson membuat Anda benar-benar harus menonjol agar dapat bertahan dan memiliki jenjang karir yang sukses di dunia sales yang penuh persaingan.
Karenanya, sebagai seorang calon salesperson, tanyakan pada diri Anda pribadi, sudahkah Anda memiliki kualitas-kualitas seorang salesperson yang sejati berikut?
1. Selalu berkiblat pada pembangunan bisnis, bukan hanya untuk mencetak penjualan. Perhatian target audiens akan lebih mudah diperoleh jika Anda menunjukkan passion yang sejati pada hal yang Anda jual dan tidak hanya peduli untuk mencetak penjualan.

 

2. Seorang salesperson akan selalu memikirkan mengenai hubungan dengan customer yang lebih dari sekedar penjualan dan transaksi, namun selalu membuka kesempatan ke relasi yang lebih akrab dan klien baru.
3. Lebih banyak mendengar daripada berbicara agar lebih memahami kebutuhan customer dan menyediakan solusi. Salesperson yang baik akan bertanya terlebih dahulu apa kebutuhan dan keinginan klien agar akomodasi lebih maksimal.

 

54eb9bae14033_-_retail-salesperson-xl-400x269

4. Berani menjanjikan, berani memenuhi, tidak kurang dan jika bisa berlebihan, lebih baik lagi.

carbuying_805131_600-400x267

5. Salesperson sejati sanggup mengalokasikan waktunya untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas yang akan membuahkan hasil atau memberikan keuntungan.

HiringaSalesperson-400x225

6. Salesperson sejati selalu berusaha berinovasi, untuk memperbaiki cara penjualan serta menemukan cara baru untuk mempercepat terjadinya kesepakatan transaksi yang menguntungkan.
7. Seorang salesperson tidak ragu untuk berinvestasi demi memperluas koneksi dan menciptakan relasi baru. Tidak hanya mengumpulkan nama-nama dan kontak, salesperson akan berusaha dikenal oleh nama-nama tersebut dengan menciptakan relasi yang berujung pada terjadinya transaksi. Salesperson tidak pernah ragu untuk bergabung dalam sebuah komunitas meski harus merogoh kocek sendiri demi menambah jumlah relasi.

8. Seorang salesperson sejati tidak akan menyalahkan kondisi ekonomi dan hanya mengandalkan usaha yang murni untuk mencetak penjualan.

9. Memiliki dorongan dan motivasi yang tercipta dari dalam diri sendiri, bukan dari atasan. Selain itu, seorang salesperson akan fokus pada produktivitas yang tinggi, dan tidak mau menghabiskan waktunya dengan klien atau orang-orang yang sudah jelas tidak akan membantu terjadinya goal utama, yaitu penjualan.

10. Saat menemui kegagalan, salesperson sejati tidak akan menganggap hal ini sebagai waktu yang terbuang sia-sia begitu saja. Seorang salesperson mampu melihat klien baru yang tidak melakukan transaksi sebagai investasi di masa depan dan masih dapat menjadi calon customer di lain waktu.

Apakah Anda memiliki insting menjadi seorang salesperson?

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales