Daftar isi
11 min read

Influencer Marketing: Definisi, Manfaat, Tips, dan Contohnya

Tayang 12 Oktober 2023
Diperbarui 18 Desember 2023
influencer marketing
Influencer Marketing: Definisi, Manfaat, Tips, dan Contohnya

Influencer marketing umumnya dimanfaatkan oleh bisnis untuk meningkatkan pemasaran di era digital seperti saat ini. Hal ini tak lepas dari kemampuan influencer yang mampu menarik banyak target audiens untuk mengikuti mereka di sosial media. Sehingga, bisnis dapat menjangkau pengikut mereka.

Berdasarkan survei statista mengungkapkan pasar influencer marketing di Instagram mencapai lebih dari dua miliar dolar. Selain itu, platform berbasis video seperti TikTok juga semakin populer di kalangan pemasar. Jumlah influencer TikTok meningkat secara signifikan dari sekitar 35,5 ribu pada tahun.

Tingginya engagement tersebut, dapat bisnis manfaatkan untuk meningkatkan kredibilitas akan menumbuhkan rasa ketertarikan followers terhadap produk yang diiklankan. Hal ini tentu akan menguntungkan bisnis, terlebih saat ini influencer marketing memiliki hasil yang relatif lebih efektif.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!


Apa Itu Influencer Marketing?

Influencer marketing adalah jasa yang ditawarkan oleh influencer online untuk memasarkan produk atau layanan sebuah bisnis. Seorang influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi calon pembeli produk atau layanan dengan mempromosikan atau merekomendasikannya di media sosial.

Tujuan influencer marketing adalah meningkatkan pengenalan dan kesadaran merek. Pasalnya influencer memiliki ikatan emosional yang kuat dengan audiens mereka. Oleh karena itu, mereka dapat memengaruhi preferensi dan perilaku audiens mereka.

Trend e-commerce di Indonesia banyak memanfaatkan iklan promosi di media sosial dan review influencer. Strategi pemasaran ini menjadi salah satu faktor yang berperan besar mempengaruhi keputusan pembelian online seorang konsumen.

Baca Juga: Key Opinion Leader (KOL): Definisi dan Contohnya


Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Influencer Marketing?

Influencer marketing membantu bisnis menyukseskan pemasaran digital. Di mana metode marketing ini mempermudah membangun brand awarness dan customer trust. Selain itu, masih ada alasan bisnis perlu bekerjasama dengan influencer berdasarkan hasil statistik influencer marketing hub berikut:

  • Pemasaran influencer telah berkembang menjadi $ 13,8 miliar pada tahun 2021.
  • Bisnis menghasilkan $5,78 ROI untuk setiap $1 yang dihabiskan untuk pemasaran influencer.
  • Ada peningkatan 465% dalam pencarian untuk keyword “influencer marketing” di Google sejak 2016.
  • 90% responden survei percaya bahwa influencer marketing menjadi bentuk pemasaran yang efektif.
  • Hampir 49 % konsumen bergantung pada rekomendasi influencer untuk keperluan pembelian mereka.

Apa saja Jenis Influencer Marketing?

Besarnya pengaruh influencer untuk digital marketing membuat banyak banyak bisnis tertarik untuk menggunakan jasanya. Namun sebelum membahasnya lebih jauh, ada beberapa jenis influencer marketing berdasarkan jumlah followers yang perlu Anda ketahui.

Berikut adalah jenis influencer marketing berdasarkan jumlah followers-nya:

1. Mega influencer

Jika dilihat dari jumlah pengikutnya, maka mega influencer memiliki jumlah pengikut tergolong banyak di media sosial. Influencer jenis ini setidaknya memiliki pengikut lebih dari 1 juta followers.

Sebagian besar influencer jenis ini berprofesi sebagai public figure seperti selebriti, artis, seniman dan banyak lagi. Maka dari itu, tarif untuk bekerjasama relatif mahal bisa mencapai 16 juta untuk sekali posting.

2. Macro influencer

Di bawah mega influencer terdapat macro influencer dengan jumlah penggikut mencapai 40.000 hingga 1 juta followers. Influencer jenis ini sebagian dikuasai selebritis yang belum terlalu terkenal.

Selain itu juga ada pakar daring yang telah sukses membangun followers yang signifikan. Biasanya mereka lebih bersahat untuk diajak kerjasama. Tapi sebelum itu, Anda perlu memastikan bahwa followers mereka asli atau bukan akun palsu.

3. Micro influencer

Mengerucut kebawah ada micro influencer yang memiliki niche market tertentu. Influencer jenis ini memiliki pengikut mulai dari 1.000 hingga 40 ribu followers.

Dengan jumlah followers tersebut, sebagian micro influencer tidak merasa mereka bisa mempengaruhi orang lain. Oleh karena itu, micro influencer terkadang mempromosikan produk secara gratis.

4. Nano influencer

Terakhir nano influencer memiliki pengikut tidak terlalu banyak, tapi mereka merupakan pakar disuatu bidang tertentu. Jumlah pengikutnya biasanya kurang dari 1000 followers.

Meski begitu, followers mereka biasanya lebih tertarik untuk mendengarkan atau menonton konten yang dibuat.


Apa Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis?

Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis

Berikut adalah manfaat influencer marketing bagi bisnis:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Influencer marketing bermanfaat untuk memperluas jangkauan dan posisi Anda di pasar. Pengguna media sosial dapat mempelajari lebih lanjut tentang merek Anda, cerita Anda, dan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Kontribusi yang dibuat oleh influencer dalam menumbuhkan kesadaran merek (brand awareness) Anda adalah salah satu manfaat paling menonjol dari social media marketing.

Perlu Anda ketahui bahwa bermitralah dengan influencer yang mampu menggerakkan emosi dan dekat dengan audiens setia nya, agar mereka dapat terpengaruhi bahwa merek Anda adalah pemimpin di industri Anda.

2. Membantu Menjangkau Target Audiens Anda dengan Mudah

Sebelum Anda memutuskan untuk kerjasama dengan influencer, tentu Anda sudah mempelajari karakteristik dari konten influencer tersebut. Selanjutnya, tentu Anda memahami apakah produk atau layanan yang Anda jual apakah relevan dengannya.

Intinya, influencer yang menyebutkan merek Anda di media sosial pasti untuk mendorong penjualan. Karena semakin kesini, konsumen juga mencari influencer untuk mencari saran tentang produk atau layanan apa yang harus mereka beli.

Karena media sosial telah menjadi “rumah kedua”, besar peluang Anda untuk menjangkau audiens target Anda. Jika merek Anda ingin meningkatkan penjualan, influencer marketing dapat membantu Anda meningkatkan angka penjualan secara substansial.

3. Influencer Menghubungkan Anda dengan Generasi Milenial dan Gen Z

Milenial semakin menyukai dan berkontribusi pada popularitas media digital. Jadi, jika Anda ingin menarik pasar milenial atau Gen Z, pemasaran influencer sangat penting di dunia digital pertama saat ini.

Menarik konsumen dari segmen audiens ini membawa nilai luar biasa bagi merek Anda dan akses tak ternilai ke salah satu demografi paling menguntungkan.

Generasi milenial memandang media sosial sebagai sumber informasi untuk berbelanja. Sebuah studi oleh Animoto menyatakan 75% keputusan untuk membeli pada generasi milenial dipengaruhi oleh media sosial suatu brand.

Selain itu terkait generasi Z juga saat ini mulai penting dilihat karena telah melewati Milenial sebagai generasi hidup terbesar, mewakili 40% konsumen global.

Pertumbuhan populasi Generasi Z dan memiliki daya belanja sebesar $143 miliar menjadikannya salah satu kekuatan konsumen paling berpengaruh di pasar saat ini.

4. Memberikan Benefit Jangka Panjang

Mirip dengan SEO, influencer marketing bersifat jangka panjang. Jangan berharap untuk melihat efek instan terkait angka penjualan Anda dari satu posting influencer.

Merek harus melihat investasi influencer marketing sebagai strategi jangka panjang karena ini bagian penting dari membangun suatu hubungan, bukan hanya promosi (hard selling).

Membangun kepercayaan antara merek Anda dan konsumen membutuhkan waktu, dan hal tersebut juga berlaku terhadap influencer pada influencer marketing.

5. Membangun Kredibilitas Kepercayaan

Influencer telah membangun hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan penggemar mereka. Orang-orang menghormati konten dan rekomendasi dari influencer.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah pengguna remaja yang terhubung dengan influencer, daripada selebriti tradisional, adalah 70%. Dan 60% pengguna mengonfirmasi bahwa mereka lebih suka ulasan YouTuber favorit mereka daripada bintang TV dan film mainstream.

Dengan membagikan konten influencer, Anda akan segera mendapatkan perhatian audiens mereka. Dengan mendapat perhatian audiens, lalu mereka bisa membagikan konten Anda, sehingga ada engagement dan menumbuhkan rasa kepercayaan terhadap merek Anda.

6. Hemat Budget

Saat ini bisnis merasa lebih sulit untuk mempromosikan produk atau layanan karena biaya iklan berbayar terus meningkat. Tetapi di sini lah influencer marketing dapat membantu menekan biaya.

Biaya influencer sangat tergantung pada ukuran audiens. Selain itu, influencer marketing membuka peluang baru bagi merek untuk bersaing dengan strategi yang lebih efisien dan optimal di situs media sosial seperti YouTube dan Instagram.

Influencer marketing dapat membantu Anda mendapatkan ROI yang besar, meningkatkan penjualan, dan menghemat lebih banyak uang. Cara umum menurunkan biaya dengan influencer marketing adalah dengan menegosiasikan kesepakatan kerjasama di mana influencer mendapatkan komisi berbasis kinerja.

7. Membantu Strategi Content Marketing

Memproduksi konten yang baru dan menarik tidak selamanya mudah. Jika Anda kehabisan ide, influencer dapat membantu proses pengembangan konten Anda.

Anda dapat bekerja sama dengan influencer untuk membuat konten yang berkualitas tinggi dan secara estetik menyenangkan bagi audiens Anda.

8. Hemat Waktu

Untuk membuat kampanye iklan, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan gambar, menggandakannya, dan menjadwalkan iklan di seluruh platform.  Bekerjasama dengan influencer akan membantu Anda mengalihkan pekerjaan di atas dan menghemat banyak waktu.

Influencer marketing akan membuat merek Anda dipromosikan setiap hari di berbagai saluran oleh orang-orang populer. Terutama di saat stagnasi pasar, konten yang dibuat oleh influencer menjadi semakin populer.

Banyak influencer menghasilkan konten dari rumah atau studio mereka, yang, pada gilirannya, kerja sama influencer marketing akan membantu merek untuk terus membuat konten baru dari jarak jauh setiap saat.

Selain itu, konten bermerek yang dibuat oleh influencer juga dapat diposting ulang atau digunakan kembali oleh perusahaan untuk kampanye marketing mereka.

Ini juga dapat menghemat banyak waktu dan uang. Dilansir oleh Engaiodigital, dengan melibatkan content creator, 41% pengiklan telah menghemat anggaran untuk produksi konten.

9. Memberikan Value

Influencer marketing bertujuan untuk memberikan konten yang menawarkan solusi atas suatu masalah sehingga menstimuli emosi audiens Anda. Influencer peka terhadap kebutuhan pengikut dan penggemar mereka sehingga dapat dengan mudah membuat konten yang juga akan menawarkan nilai bagi target konsumen Anda.

10. Cocok untuk Segala Bisnis

Influencer biasanya memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Contohnya seperti kesehatan, kebugaran, traveling, kuliner, kecantikan, bisnis, dan sebagainya.

Tidak peduli seberapa besar Anda dan industri apa yang Anda geluti, selalu ada ruang untuk semua orang, selama Anda mengidentifikasi influencer yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu KOL Management


Bagaimana Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis?

Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Setelah Anda mempelajari lebih dalam mengenai influencer marketing, mungkin Anda tertarik untuk menggunakan jasanya. Namun sebagaian besar marketer setuju untuk menemukan influencer terbaik relatif sulit. Maka dari itu, Anda perlu mengikuti beberapa tips dib awah ini:

– Pilih nilai produk yang akan ditonjolkan

Manfaat utama influencer marketing adalah membangun brand awarness. Oleh karena itu, Anda harus memahami value dari produk atau brand Anda dibandingkan kompetitor.

Sebab value ini akan dijadikan acuan strategi pemasaran kedepanya seperti konten yang akan dibangun, menentukan target pasar dan lainnya.

– Tentukan target yang ingin dicapai

Setelah mengetahui value produk, Anda bisa memutuskan target atau sasaran yang ingin dicapai dalam metode pemasaran ini. Anda juga harus menentukan segmentasi pasar mana yang ingin Anda jangkau. Hal ini memudahkan Anda untuk melangkah ketahap selanjutnya.

– Buat daftar influencer

Influencer marketing terdiri dari berbagai jenis berdasarkan jumlah followers-nya. Dari situ Anda bisa mempelajari kira-kira akan bekerjasama dengan siapa.

Untuk memudahkannya, Anda bisa membuat daftar influencer. Selanjutnya, Anda bisa melakukan research siapa sosok yang bisa merefleksikan mewakili brand Anda dan membawa dampak positif.

– Buat konten berkualitas

Sebagian influencer akan menanyakan konten seperti apa yang akan mereka promosikan. Anda perlu memastikan konten tersebut memiliki kualitas berbobot, sehingga bisa menarik followers mereka dan berdapak positif pada brand Anda.


Contoh Tren Influencer Marketing

Perlu diingat bahwa tren influencer marketing terus berkembang seiring perubahan perilaku konsumen dan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, penting bagi merek untuk selalu mengikuti tren terkini dan menyesuaikan strategi influencer marketing mereka dengan perubahan yang terjadi di pasar.

Berikut ini adalah beberapa contoh tren terkini dalam influencer marketing:

1. Konten Video

Video menjadi format yang sangat populer dalam influencer marketing. Platform seperti YouTube, TikTok, dan Instagram Reels menjadi tempat utama bagi influencer untuk berbagi konten video yang menarik dan menghibur.

Bekerja sama dengan influencer marketing dalam pembuatan konten video dapat membantu merek untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi dengan cara yang lebih visual.

2. Live Streaming

Live streaming menjadi tren yang signifikan dalam influencer marketing. Influencer dapat melakukan siaran langsung di platform seperti Instagram, Facebook, atau YouTube untuk berinteraksi secara real-time dengan pengikut mereka.

Upaya tersebut memberikan peluang bagi merek untuk berkolaborasi dengan influencer dalam acara live streaming dan secara langsung mengenalkan produk atau menyampaikan pesan merek kepada audiens.

3. Diversifikasi Platform

Selain fokus pada Instagram, banyak merek juga mulai melibatkan influencer di platform lain seperti TikTok, Clubhouse, podcast, dan platform media sosial lainnya. Diversifikasi platform membantu merek untuk mencapai audiens yang berbeda dan mengoptimalkan kehadiran mereka di berbagai saluran komunikasi yang populer.

4. UGC (User-Generated Content)

Merek juga memanfaatkan konten yang dibuat oleh pengguna (user-generated content) dalam strategi influencer marketing. Mereka dapat mengajak pengikut dan pelanggan untuk berbagi pengalaman menggunakan produk atau merek tersebut, dan kemudian membagikan konten tersebut melalui kanal influencer mereka.


Gunakan Influencer Marketing dan Tingkatkan Penjualan Anda!

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan influencer marketing dapat memberikan sejumlah manfaat bagi bisnis. Misalnya seperti meningkatkan brand awareness, menjangkau target audiens, meningkatkan penjualan, dan menambah kepercayaan konsumen.

Selain menggunakan influencer marketing, Anda juga dapat menerapkan omnichannel marketing untuk memaksimalkan pemasaran bisnis Anda. Mekari Qontak menyediakan Aplikasi Omnichannel terbaik yang dapat menyelaraskan kampanye pemasaran Anda di seluruh saluran secara mudah dan tepat.

Jadi, semua layanan pelanggan pada social media Anda dapat dijalankan dalam satu platform. Terlebih, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500+ bisnis untuk meningkatkan usahanya. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

YukDapatkan FREE TRIAL Aplikasi CRM Mekari Qontak  selama 14 hari atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak sekarang!

Kategori : BisnisMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales