Mekari Qontak
Marketing

7 Kebiasaan Customer Service yang Wajib Ditiru

Customer Service Habit

Memiliki tim customer service yang dapat memberikan layanan pelanggan terbaik merupakan impian dan kunci kesuksesa sebuah bisnis di barisan terdepan yang langsung menghadap pelanggan. Agar tim customer service Anda dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal di tahun yang baru ini, berikut beberapa kebiasaan dari tim customer service dengan performa unggulan berikut.

1. Tim customer service dengan performa maksimal biasanya akan memimpin pengalaman yang ditawarkan ke customer mereka dalam industri tempat mereka berkecimpung

Tim customer service yang demikian biasanya secara sadar memposisikan semua departemen sebagai representasi layanan pelanggan dalam bisnis mereka. Semua anggota tim adalah customer service dan sanggup memberikan pengalaman customer terbaik selama mereka memahami jiwa dan kultur perusahaan dengan baik.

2. Tim customer service dengan performa maksimal biasanya memiliki kesamaan tujuan dan metrics dengan tim sales-nya

Tim layanan pelanggan dan tim sales juga harus menjadi partner dengan departemen lain untuk bisa mengkomunikasikan kesempatan baru, memastikan adanya pengetahuan yang mendalam dan analisa yang mendukung mengenai interaksi customer dan masih banyak lainnya. Jika Anda ingin memperbaiki performa tim customer service, diperlukan adanya kesinambungan antara tim customer service dengan departemen lainnya.

Customer Service Habit

Sumber Gambar: blog.contactcenterpipeline.com

3. Tim customer service dengan performa maksimal juga biasanya memiliki kesamaan pandangan mengenai customer mereka.

Menunjukkan adanya pemahaman mengenai customer Anda apapun itu konteks dari percakapannya merupakan hal yang sangat vital. Laporan riset lainnya menunjukkan bahwa 73% dari customer Anda akan berganti brand jika perusahaan tidak menghadapi dan memperlakukan mereka secara konsisten di setiap departemen.

4. Tim customer service dengan performa maksimal juga biasanya lebih unggul dalam hal melakukan pelayanan terhadap pelanggan dalam tingkat personal.

Mengapa layanan yang personal sangat penting? Loyalitas customer Anda akan bergantung pada seberapa personal perlakuan yang mereka terima dari bisnis Anda. Sebuah studi konsumer menyatakan bahwa sebanyak 66% customer akan mengganti produk atau jasa yang mereka gunakan jika mereka mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi dan hanya sebagai pelanggan asing.

Customer Service Habit

Sumber Gambar: selectvoicecom.com.au

 5. Tim customer service dengan performa maksimal akan cenderung unggul dalam memprediksi dan memanfaatkan tools berupa Artificial Intelligence atau AI.

AI tidak akan menggantikan kontak langsung dengan manusia karena tidak adanya personalisasi dalam hal ini, namun akan memperbaiki interaksi selayaknya manusia dan menjawab kebutuhan manusia. AI di masa depan sanggup mengenali penelepon dan memahami emosi yang terbaca dari suara customer Anda untuk membantu penanganan customer secara tepat.

6. Tim customer service yang memiliki performa maksimal biasanya unggul dalam hal memanfaatkan percakapan secara intelejensi artifisial yang terjadi langsung

Contoh yang paling nyata dari kebiasaan yang satu ini adalah adanya penggunaan sinyal sesuai perilaku selama percakapan untuk mendapatkan empati customer dan membangun kredibilitas.

7. Tim customer service yang memiliki performa maksimal biasanya pasti memiliki produk yang saling terkoneksi sehingga mendapatkan dampak yang cukup signifikan di tahun mendatang

Produk yang saling terkoneksi atau Internet of Things ini sudah mulai digunakan di tahun 2015 dan terus berkembang pesat. Internet of Things sanggup membuka kesempatan baru antara customer dan tim layanan pelanggan untuk terciptanya layanan yang semakin proaktif.

Apakah tim customer service Anda telah bergerak ke arah yang sesuai?

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales