Mekari Qontak
Marketing

4 Tipe Kampanye Email Marketing dan Penyesuaiannya Bagi Bisnis

Types of Email Marketing Campaign

Ketahui Tipe-tipe Kampanye Email Marketing untuk Bisnis!

Melakukan tindakan marketing melalui email merupakan salah satu dari sekian banyak strategi digital marketing yang harus diperhitungkan. Email adalah platform komunikasi digital yang paling banyak digunakan dan konsisten hingga sekarang. Karena itu, untuk bisa memanfaatkannya, Anda perlu mengetahui berbagai tipe kampanye marketing lewat email dan cara menyesuaikannya dengan bisnis Anda.


4 Tipe Kampanye Email Marketing bagi Bisnis:

Terdapat empat tipe kampanye email marketing, yaitu dedicated email, educational blog posts, email newsletters dan lead nurturing. Tergantung dari tujuan Anda membangun email list, Anda bisa memerlukan keempat-empatnya untuk keperluan promosi, atau hanya salah satunya saja. Anda harus tahu segmentasi daftar email seperti apa yang ingin Anda capai untuk mengirimkan email yang relevan.

  1. Dedicated email

Email yang hanya memiliki satu topik bahasan dan biasanya akan digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai produk baru atau undangan ke sebuah acara. Email yang demikian tidak membutuhkan banyak perencanaan dan mudah dibuat, dengan calltoaction yang kuat. Dedicated email bekerja paling efektif saat Anda perlu memberitahu member email Anda mengenai acara yang Anda ingin mereka hadiri, memberikan salam bagi subscriber baru, memperkenalkan produk atau jasa baru serta mengumumkan penawaran spesial untuk customer paling loyal.

kampanye email

  1. Educational blog posts

Memiliki subscriber list berarti memiliki platform penyedia konten informatif sesuai dengan bidang bisnis masing-masing. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan dan dapat menjadi bentuk kampanye email marketing selanjutnya. Anda dapat menggunakan konten yang tersedia untuk membantu menarik visitor ke website Anda dan mengubah visitor menjadi prospek. Postingan yang edukatif dalam blog merupakan cara baik untuk menarik trafik ke website dengan klik di email yang Anda kirimkan ke subscriber Anda.

  1. Email newsletter

Newsletter merupakan salah satu cara interaktif yang paling efisien antara brand dengan para subscriber. Dalam jangka waktu panjang, hal ini dapat membantu penetapan relasi yang kuat dengan para pembaca setia konten di situs Anda. Anda hanya perlu merumuskan newsletter yang menarik dan menghibur. Selain itu, dapat pula berupa artikel-artikel dari sumber lain yang menurut Anda akan menarik trafik dan klik ke situs Anda serta membangun kredibilitas. Tidak lupa Anda perlu mengirimkannya secara konsisten.

  1. Lead nurturing

Tipe email yang terakhir adalah lead nurturing yang merupakan bagian dari inbound marketing funnel. Lead nurturing haruslah menjadi pilihan ketika Anda akan mengirimkan beberapa seri email sekaligus yang sudah dirancang dan dijadwalkan dalam waktu yang terstruktur. Tujuannya adalah melakukan closing sales karena prospek yang menerima email termotivasi untuk mengambil tindakan sekaligus membangun relasi yang lebih kuat. Jika konten Anda berupa penawaran kelas webinar gratis yang juga bisa menjadi networking, case studies, podcasts, tips dan trik yang dapat langsung dipraktekkan serta artikel bagaimana cara melakukan sesuatu, maka Anda sudah memiliki awalan yang baik bagi lead nurturing Anda.

Sebelum Anda mengirimkan email yang sudah Anda rancangkan, pastikan brand bisnis Anda tampak profesional serta senantiasa konsisten dengan situs dan media sosial Anda. Tempatkan posisi Anda di posisi penerima email dan tanyakan apakah Anda akan membuka email tersebut jika dikirimkan pada Anda.
 


Gunakan Aplikasi Pendukung Marketing untuk Mengirimkan Kampanye Email!

Kegiatan sales maupun marketing yang tidak tepat sasaran akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Aplikasi pendukung marketing dan sales seperti aplikasi CRM menyediakan fitur email marketing yang dapat digunakan untuk mengirimkan promosi langsung tanpa aplikasi tambahan kepada prospek atau pelanggan yang telah tersimpan rapi datanya dalam sistem. Isi dari promosi tersebut juga dapat disesuaikan dengan prospek atau pelanggan yang ditargetkan. Hal tersebut dapat menarik minat dari penerimanya sehingga dapat meningkatkan sales.

Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan aplikasi CRM Qontak.com yang dapat membantu Anda melakukan marketing automation dengan email campaigns. Fitur Aplikasi CRM ini memungkinkan Anda mengirimkan kampanye email marketing dalam jumlah besar secara otomatis kepada prospek dan pelanggan Anda dengan personalisasi nama maupun data-data yang tersedia di database pelanggan Anda. Anda juga dapat memfilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya, sebelum melakukan kampanye email. Selamat mengirimkan email!

Hubungi tim Qontak.com untuk konsultasi atau coba GRATIS aplikasi CRM untuk kampanye email marketing Anda sekarang juga!

email marketing

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales