Mekari Qontak
Insight

WhatsApp Integration: 4 Cara Mudah Integrasi WA

Panduan WhatsApp Integration

Panduan Cara Menghubungkan WhatsApp (WhatsApp Integration) dengan Platform Bisnis Anda

WhatsApp Integration atau integrasi WhatsApp dengan platform lain dapat mempermudah bisnis untuk mengirimkan dan menerima pesan pelanggan dari satu platform. Sehingga, bisnis berkomunikasi dengan pelanggan lebih efisien. WhatsApp sendiri merupakan platform pesan instan populer yang juga dimanfaatkan oleh banyak bisnis.

Melalui WhatsApp Integration, bisnis dapat terhubung dengan para pelanggan secara sederhana, aman, dan reliabel. Apakah Anda tertarik ingin menggunakan API WhatsApp Business? Bermitralah dengan salah satu partner resmi WhatsApp Business API. Untuk lebih jelasnya simak artikel dibawah.

4 Cara Integration WhatsApp dengan aplikasi lain yaitu:

  1. Daftarkan Bisnis ke Business Solution Provider
  2. Verifikasi Facebook Business Manager
  3. Aktifkan Nomor WhatsApp
  4. Ajukan Integrasi WhatsApp dengan Aplikasi Lain

Integration-WhatsApp-Business -API


Apa itu WhatsApp Integration?

WhatsApp Integration adalah fitur API WA Business yang menghubungkan WhatsApp dengan sistem lain yang digunakan perusahaan. Fitur ini memungkinkan WhatsApp berbagi data atau informasi dengan sistem lain tanpa berpindah platform, sehingga lebih efisien.

WhatsApp integration hanya bisa didapatkan dari WA Business API yang didukung fitur lebih unggul dibandingkan WhatsApp messenger. Ditambah dengan fleksibilitasnya, API WhatsApp dapat semakin memberikan fitur-fitur yang lebih canggih dan memudahkan bisnis dalam sales maupun customer service.

Perbedaan WhatsApp API dengan WhatsApp Business Messenger adalah sebagai berikut:

WhatsApp Business

WhatsApp Business API

Profil Bisnis Ya Ya
Template Pesan Ya Ya
Jumlah Agen hingga 2 agen CS / 1 nomor multiple agen (lebih dari 2) dalam 1 nomor
Manajemen Basis Data Pelanggan dan Obrolan Ya
Pesan Keluar Massal Ya
Laporan Kinerja Ya
Tanda Centang Hijau Resmi Ya
Integrasi CRM Ya

Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Integration?

WhatsApp integration paling sering dihubungkan dengan sistem CRM Sales dan aplikasi Customer Service. Untuk dapat melakukan integrasi WhatsApp dengan sistem CRM, Anda terlebih dahulu harus meningkatkan akun WhatsApp Anda menjadi WhatsApp Business API. API WhatsApp hanya dapat diperoleh dengan bekerja sama dengan official partner WhatsApp Business, salah satunya yang ada di Indonesia adalah Qontak.com.

Tonton Video dibawah ini ntuk mengetahui lebih lanjut mengenai integrasi API WhatsApp:


Apa Manfaat Menggunakan WhatsApp Integration?

Manfaat yang dapat Anda nikmati setelah menggunakan WhatsApp Integration adalah sebagai berikut:

  • Mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengatasinya secara manual
  • Memasukkan pesanan, deals, atau tickets yang masuk ke dalam percakapan WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam WhatsApp CRM
  • Mengelola proses bisnis untuk sales dan customer service, lalu mengintegrasikannya dengan WhatsApp
  • Memperoleh analisis yang canggih terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak beberapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan
  • WhatsApp API dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti Go-Pay, OVO, transfer bank, dan lainnya sehingga pembayaran dapat langsung terjadi dalam sistem WhatsApp

Siapa saja yang bisa menggunakan WhatsApp Integration?

Bisnis dari berbagai industri dan skala bisnis sangat bisa menggunakan WhatsApp Integration. Misalnya integrasi WhatsApp dengan aplikasi CRM akan membantu bisnis meningkatkan layanan pelanggan lebih baik dan berkualitas. Semua bisnis tentu ingin menyediakan sarana untuk dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan memberikan layanan terbaik untuk mereka.

Sementara itu, Aplikasi CRM bisa digunakan mulai dari bisnis kecil/UMKM hingga industri retail. Begitu juga dengan WhatsApp yang memiliki pengguna lebih dari 2 milyar di dunia. Hal ini membuat integrasi kedua platform tersebut sangat cocok untuk digunakan semua bisnis.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Apa saja Aplikasi yang Bisa Dihubungkan dengan WhatsApp Integration?

dengan aplikasi lainnya yang digunakan oleh Bisnis. Diantara aplikasi tersebut, berikut sistem yang paling sering dihubungkan dengan WhatsApp yaitu:

– Aplikasi CRM

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) berfungsi untuk mengelola interaksi yang terjadi antara pelanggan dan pelaku bisnis. Integrasi WhatsApp CRM akan membantu bisnis dalam mengembangkan hubungan dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Chat Widget

Integration-WhatsApp-Chat-Widget

Chat widget memudahkan bisnis dalam berkomunikasi dengan pengunjung website mereka. Menghubungkan aplikasi WA dengan chat widget, berfungsi sebagai media komunikasi antara pengunjung website Anda dengan tim customer service Anda. Pengunjung dapat memanfaatkan widget ini untuk menghubungi bisnis terkait kendala atau kesulitan yang mereka temui tanpa perlu berpindah aplikasi.

– Chatbot WhatsApp

Anda dapat memanfaatkan WhatsApp Chatbot sangat untuk mengotomatisasi percakapan dengan pelanggan secara lebih efisien. Melalui Chatbot WhatsApp, bisnis dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dengan memberikan respon secara 24/7 kepada pelanggan.

– Software Omnichannel

Software Omnichannel menyediakan pengalaman belanja dan customer service. Aplikasi Omnichannel tidak hanya menghubungkan WhatsApp, tapi juga dengan aplikasi lainnya, seperti Facebook Messenger, Line, Marketplace, Instagram dan banyak lagi dalam satu platform. Integrasi ini tidak hanya memudahkan pelanggan dalam berbelanja, tetapi juga membantu tim support dalam merespon pertanyaan dan menangani keluhan pelanggan.


Mengapa Bisnis Perlu Integration WhatsApp dengan Aplikasi lainnya?

Integration WhatsApp sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih luas. Alasannya fitur WhatsApp ini memudahkan pelanggan untuk berpindah dari WhatsApp ke aplikasi lainnya atau sebaliknya. Bagi bisnis sendiri integrasi ini bisa dihubungkan dengan sistem yang mereka miliki (CRM misalnya), sehingga memudahkan mereka melayani pelanggan yang datang dari WhatsApp dan aplikasi lainnya.

Alasan lainnya bisnis perlu Integration WhatsApp dengan aplikasi lainnya adalah sebagai berikut:

– Memperbaiki loyalitas dengan personalisasi customer experience

Kemudahan yang ditawarkan integrasi WhatsApp, menawarkan pengalaman berbelanja yang terpersonalisasi dengan membiarkan pelanggan memilih saluran apa yang mereka inginkan untuk berinteraksi dengan bisnis. Hal ini berdampak pada kepuasan pelanggan yang mendorong peningkatan loyalitas mereka.

– Tidak ada permintaan pelanggan yang terabaikan

Fitur ini biasanya digunakan bisnis untuk menghubungkan WhatsApp dengan sistem terpadu seperti aplikasi CRM. Integration WhatsApp ini memudahkan bisnis memantau, bahkan merespon permintaan WhatsApp dan aplikasi lainnya dari satu platform. Hal ini membuat semua permintaan pelanggan Anda terselesaikan lebih cepat.

– Memperluas jangkauan pelanggan

Selain menghubungkan WhatsApp dengan aplikasi lain, fitur ini juga bisa mengarahkan pelanggan yang berasal dari aplikasi lain berpindah ke WhatsApp. Anda juga tidak perlu khawatir karena riwayat percakapan pada aplikaai sebelumnya masih bisa Anda akses tanpa perlu berpindah platform.


Bagaimana Cara Menghubungkan WhatsApp Integration?

Cara menghubungkan WhatsApp Integration adalah harus meningkatkan akun WhatsApp Anda menjadi WhatsApp Business API. Berikut ini langkah selengkapnya menghubungkan WhatsApp integrasi dengan aplikasi lain yaitu:

Step 1. Daftarkan Bisnis ke Business Solution Provider

langkah 1-Integration-WhatsApp

Pertama, Anda harus mendaftarkan bisnis Anda ke Business Solution Provider (BSP) atau partner resmi Facebook. Di Indonesia, salah satu BSP terbaik ialah Qontak.com. Dengan mendaftarkan melalui Qontak.com, Anda sudah otomatis mendapatkan WhatsApp integration sekaligus.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Step 2. Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah 2-Integration-WhatsApp

Proses verifikasi data diperlukan untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan WhatsApp. Verifikasi Facebook business manager cukup membingungkan sebagian bisnis. Qontak.com membantu bisnis dalam melakukan verifikasi. Anda hanya perlu melengkapi data berikut:

  • Nama perusahaan,
  • Website URL,
  • Email domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Step 3. Aktifkan Nomor WhatsApp

Langkah 3-Integration-WhatsApp

Langkah selanjutnya tentukan satu nomor telepon yang akan digunakan sebagai nomor bisnis. Nomor ini akan didaftarkan ke pihak Facebook dan tidak dapat diganti untuk seterusnya. Apabila telah berhasil, akan terlihat centang hijau di sebelah nama bisnis. Hal ini menunjukan WhatsApp Business API Anda siap digunakan.

Kemudian Anda bisa memperbarui profil dengan mengisi informasi detail bisnis, sehingga pelanggan dapat mengenal bisnis sebelum mengajukan pertanyaan. Hal ini juga bagian dari branding bisnis Anda. Isi profil dengan informasi yang perlu pelanggan ketahui seperti jam operasional, katalog produk dan sebagainya.

Step 4. Ajukan Integrasi WhatsApp dengan Aplikasi Lain

 

langkah 4-Integration-WhatsApp

Terakhir, Anda dapat mengajukan request untuk integrasi dengan aplikasi lain seperti CRM. Proses ini bisa dibantu oleh BSP untuk mempermudah integrasi WhatsApp. Qontak.com menyediakan paket yang sudah otomatis mendapatkan integrasi WhatsApp dengan CRM, Omnichanel (Instagram, Facebook Manager, Line, Telegram, dst) serta Chatbot di dalamnya.

Baca juga: Panduan Lengkap WhatsApp Business API


Fitur-Fitur yang Dimiliki WhatsApp Integration

WhatsApp Integration berperan penting pada bisnis terutama untuk menciptakan interaksi mulus dengan pelanggan. Hal tersebut sulit dilakukan WhatsApp Integration jika tidak didukung fitur-fitur canggih berikut ini:

  • WhatsApp API multiple device yang memungkinkan bisnis menambah jumlah agen, user, dan device tak terbatas untuk menangani pesan pelanggan lebih cepat.
  • Verified badge membangun kredibilitas Anda dengan tanda ‘Centang’ hijau dengan WA API.
  • Sistem routing agen tingkat lanjut dapat digunakan untuk sesuaikan routing agen dan percakapan untuk memenuhi kebutuhan tim manajemen Anda
  • WhatsApp automation & triggers menyimpan data dan percakapan secara otomatis. Termasuk Otomatiskan OTP dan pesan keluar apapun yang ter-trigger
  • Pengiriman WhatsApp notifikasi massal mengirimkan pesan massal termasuk otomasi menggunakan WhatsApp API Blast
  • Laporan dan analisa menyeluruh secara real time & instan dari semua aktivitas untuk meningkatkan kinerja percakapan
  • Sistem chatbot & alur percakapan secara otomatis.

Simak penjelasan lengkap mengenai WhatsApp Integration pada slide dibawah ini:


Dapatkan Integration WhatsApp dan CRM Sekarang!

Seiring dengan meningkatnya persaingan antar bisnis serta meningkatnya permintaan pelanggan terhadap customer experience yang lebih baik, WhatsApp integration merupakan solusi terbaik untuk bisnis Anda. Integrasi ini akan membantu memberikan respon secara cepat terhadap seluruh pertanyaan pelanggan, memberikan notifikasi pesanan, dan menganalisis seluruh percakapan.

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end yang terdiri dari API WhatsApp dan solusi omnichannel lainnya yang terhubung ke solusi CRM yang canggih dan dapat disesuaikan untuk meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan Anda.. Dengan berbagai kelebihan di atas, pertimbangkan WhatsApp Integration dari Qontak.com untuk kemudahan bisnis Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales