Mekari Qontak
Marketing Other Business

3 Cara Membuat Kuis di Media Sosial Ramai

Social Media Contest

Ketika muncul ide di benak Anda untuk mengadakan kuis menarik sebagai salah satu strategi marketing dan penambah trafik ke situs dan akun media sosial Anda, Anda akan menghadapi berbagai tantangan seperti sulitnya mendapatkan orang yang berpartisipasi untuk ikut serta dan ikut menyebarkan kuis Anda. Jika hadiahnya tidak menarik atau instruksi kuisnya sulit dipahami atau direalisasikan, tidak heran kuis atau kontes Anda sepi peminat. Untuk memastikan kontes yang Anda adakan pasti diminati, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Pastikan promosi yang Anda lakukan sejak awal sudah sesuai atau sudah pada tempatnya

Pastikan Anda melakukan pengecekan pada setiap link promosi yang Anda lakukan dan periksa lagi teknik promosi dan penyebaran informasi mengenai keberadaan kuis Anda tersebut. Kemudian, coba tempatkan diri Anda pada posisi calon partisipan yang Anda harapkan lalu tanyakan pada diri Anda apakah pesan yang Anda sampaikan sudah tepat dan apakah gambar yang digunakan sudah cukup menarik. Lalu analisa ulang juga apakah hadiah yang ditawarkan sudah cukup untuk menarik partisipan dan apakah call-to-action yang ditampilkan sudah cukup membuat orang termotivasi untuk mengmabil tindakan. Kemudian, apakah desain promosi kontes yang Anda berikan sudah cukup membuat brand Anda tampak dapat dipercaya juga adalah hal final yang penting dalam pengadaan kontes online.

Social Media Contest

Sumber gambar: brandrevive.com

  1. Kuasai cara membuat pengunjung situs berubah menjadi partisipan atau konversi

Apa yang membuat konversi ke kontes yang Anda adakan rendah? Berbagai kemungkinan penyebab terjadinya hal ini adalah adanya penawaran hadiah yang kurang menarik atau tidak cukup besar, serta tujuan dari kontes yang tidak jelas. Awali kontes dengan keberadaan hadiah besar dan menarik, dan Anda dapat menjalankan tipe promosi online yang paling pasti berhasil, seperti dengan mengisi kelengkapan data diri saja tanpa persyaratan lainnya. Dengan cara ini, Anda dapat memperkaya database sekaligus mengadakan kontes untuk menambah trafik ke situs atau akun media sosial Anda.

Social Media Contest

Sumber gambar: webseoanalytics.com

  1. Pastikan proses keikutsertaan dalam kuis membuat orang yang berpartisipasi tidak kehilangan minat

Permintaan dan persyaratan yang terlalu banyak dapat membuat partisipan kehilangan minat pada proses registrasi awal saja. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda mempersingkat proses registrasi dengan mengambil data yang benar-benar Anda perlukan saja dan tidak menambahkan langkah untuk bisa terdaftar sebagai peserta. Jangan lupa untuk mencantumkan kalimat pendorong yang mengajak partisipan untuk memperluas ajakan ke kenalannya untuk memperbesar kesempatan menang atau untuk membuktikan mereka sudah mendaftar untuk ikut berpartisipasi via media sosial masing-masing. Dengan cara demikian, kesempatan kontes Anda dapat mengundang lebih banyak partisipan akan lebih besar.

Selamat melakukan promosi!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales