Daftar isi
6 min read

10 KPI Telesales yang Wajib Diukur

Tayang 12 Agustus 2021
Diperbarui 12 Desember 2023
10 KPI Telesales yang Wajib Diukur
10 KPI Telesales yang Wajib Diukur

KPI telesales pada sebuah bisnis atau perusahaan perlu ditentukan dan diukur dengan tepat. Penentuan dan pengukuran KPI telesales yang tepat dapat memberikan sejumlah manfaat yang sangat baik untuk kemajuan bisnis Anda, terutama untuk agent telesales Anda.

Untuk itu, pelajarilah dengan seksama beberapa KPI telesales umum yang penting untuk diukur pada bisnis Anda yang telah kami rangkum untuk Anda di bawah ini.


Apa Definisi KPI Telesales?

KPI Telesales adalah nilai atau matrik terukur yang digunakan untuk mengukur keefektifan kinerja telesales agent (tim penjualan yang menggunakan sarana telepon). Setiap KPI (Key Performance Indicator) diciptakan lengkap dengan telesales performance targets yang ingin dicapai oleh perusahaan.

KPI telesales dan KPI telemarketing tentu berbeda karena tim telesales dan tim telemarketing memiliki tugasnya masing-masing. Yang pasti, menyusun KPI pada bisnis sangatlah penting karena dapat meningkatkan kinerja dan memotivasi karyawan untuk mencapai target bisnis yang telah ditetapkan.

Baca Juga: KPI Sales Apa Saja yang Perlu Diukur dan 31 KPI Marketing yang Harus Anda Ukur


Mengapa KPI Telesales Penting untuk Diukur dalam Bisnis?

Mengukur KPI telesales dapat memberikan beberapa manfaat bagi Anda yang tengah menjalankan sebuah bisnis, yaitu:

  • Memberikan sales call report yang berfungsi untuk mengetahui semua laporan terperinci dan akurat dari aktivitas penjualan melalui telepon.
  • Aplikasi telesales mengukur kemampuan tiap dalam menghasilkan pendapatan terhadap perusahaan.
  • Program untuk telesales ini dapat mendorong kompetisi yang sehat diantara telesales agent. Agen terbaik biasanya akan memperoleh insentif atau bonus dari perusahaan sehingga meningkatkan semangat kerja karyawan.
  • Melalui program untuk telesales ini, Anda juga dapat mempelajari matrik yang tepat dalam menentukan telesales agent mana yang sedang kesulitan dan masih memerlukan pelatihan khusus.

10 KPI Telesales Apa Saja yang Wajib Diukur?

Sebenarnya, ada begitu banyak KPI yang juga penting untuk ditentukan dan diukur dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan. Namun, kami merangkum 10 KPI telesales yang yang wajib diukur pada bisnis Anda beserta indikator kinerjanya masing-masing, yaitu:

1. Average Purchase Value

KPI Telesales Average Purchase Value

Nilai pembelian rata-rata merupakan salah satu contoh KPI telesales yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi peningkatan penjualan, proyeksi pendapatan, dan perkiraan. Melalui sales call report template excel inilah Anda akan mengetahui apakah Anda perlu menawarkan lebih banyak insentif kepada pelanggan atau tidak untuk meningkatkan peluang penjualan.

Indikator Kinerja:

Bandingkan nilai pembelian rata-rata Anda dengan kinerja Anda sebelumnya untuk memahami apakah metrik mengalami peningkatan atau tidak.

2. Average Revenue per Unit (ARPU)

KPI Telesales Average Revenue per Unit (ARPU)

KPI telesales ini menunjukkan pendapatan rata-rata Anda untuk setiap pelanggan dari seluruh transaksi yang terjadi. Anda dapat memeriksa nilai tersebut pada sales call report template. Perlu diingat, biaya akuisisi pelanggan Anda harus selalu lebih rendah daripada ARPU.

Indikator Kinerja:

Jika ARPU Anda meningkat, artinya Anda telah berada di jalur yang benar.

3. Customer Churn Rate

KPI Telesales Customer Churn Rate

Anda dapat mengetahui jumlah pelanggan yang berhenti menggunakan suatu produk atau layanan perusahaan dalam jangka waktu yang ditentukan melalui KPI ini. Cara menghitungnya cukup mudah, bagilah total pelanggan yang Anda miliki di awal bulan dengan jumlah total pelanggan yang hilang. Anda juga dapat mengotomatiskan penghitungan ini dengan menggunakan sebuah program untuk telesales yang akan memberikan sebuah notifikasi pada Anda jika terjadi anomali pada penjualan.

Indikator Kinerja:

Semakin tinggi churn rate, maka terdapat semakin banyak pelanggan dan pendapatan yang akan hilang, sehingga Anda perlu menetapkan strategi penjualan yang baru.

4. Growth

KPI Telesales Growth

Perkembangan bisnis sejalan dengan tingkat penjualan yang terjadi. Anda dapat memantau penjualan serta kinerja telesales agent Anda serta semua hal yang berhubungan dengan penjualan pada perusahaan melalui KPI dashboard.

Indikator Kinerja:

Perkembangan penjualan yang positif pada periode tertentu menunjukkan bahwa Anda berada di jalur target penjualan yang tepat dalam mengembangkan bisnis.

5. Incremental Sales by Campaign

KPI Telesales Incremental Sales by Campaign

Lacak tingkat penjualan Anda dari kampanye atau promosi yang Anda lakukan melalui sales call report. Tentukan kampanye atau promosi mana yang paling efektif untuk bisnis Anda sehingga Anda dapat terbantu dalam menyusun strategi pemasaran lanjutan. Cara menghitung KPI ini adalah kurangi jumlah penjualan awal Anda dengan penjualan baru yang Anda hasilkan.

Indikator Kinerja:

Identifikasi kampanye terbaik Anda yang memberikan jumlah penjualan tambahan tertinggi, dan pantau hasilnya dari waktu ke waktu.

6. Number of Sales Opportunity

KPI Telesales Number of Sales Opportunity

Untuk mengoptimalkan dan meningkatkan nilai metrik penjualan Anda dengan benar, jumlah peluang penjualan harus berada di urutan teratas dalam sales call report template excel Anda. Meskipun jumlah prospek yang tidak memenuhi syarat merupakan KPI penting dalam pemasaran, namun hanya prospek yang memenuhi syarat dan valid lah yang benar-benar penting untuk penjualan.

Indikator Kinerja:

Pantau jumlah peluang penjualan (baru) dan potensi nilai pembeliannya.

7. Opportunity-to-Win Ratio

Opportunity-to-Win Ratio

KPI telesales ini menunjukkan seberapa efektif tim telesales dalam menghasilkan penjualan. Nilai pada sales call report template ini dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi dan melatih agent telesales untuk menghasilkan lebih banyak transaksi.

Indikator Kinerja:

Semakin dekat rasio KPI salesman ini, maka semakin efektif agent telesales Anda pada transaksi penjualan. Namun jika tim telesales Anda tidak mencapai penjualan minimal 15% dari prospek Anda yang memenuhi syarat, Anda perlu memikirkan kembali tentang proses kualifikasi Anda.

8. Profit Margin per Sales Representation

Profit Margin per Sales Representation

Keuntungan adalah salah satu contoh KPI telesales yang berguna untuk menentukan apakah pihak manajemen perusahaan akan menawarkan promosi atau bonus untuk agent telesales yang bersangkutan atau tidak. KPI ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi tempat dan waktu terbaik bagi agent telesales untuk melaksanakan tugasnya agar dapat memberikan hasil yang terbaik juga.

Indikator Kinerja:

Bandingkan keuntungan yang Anda dapatkan dari waktu ke waktu, kemudian identifikasi kekuatan setiap agent telesales Anda. Periksa apakah target Anda telah terpenuhi atau apakah strategi penjualan Anda membutuhkan penyesuaian tambahan.

9. Sales Opportunity Score

Sales Opportunity Score

Anda dapat menentukan telesales performance targets terhadap peluang penjualan Anda, gunakan angka 1-5 misalnya. Skor tersebut berfungsi untuk lebih memprioritaskan peluang penjualan Anda. Peluang penjualan dengan skor tertinggi (paling menguntungkan) harus segera ditangani.

Indikator Kinerja:

Penilaian peluang penjualan dapat membantu Anda untuk mencapai target penjualan bahkan di pasar yang sangat kompetitif sehingga metrik ini harus dipantau secara teratur.

10. KPI Telesales Target

Target

Target diciptakan sebagai panduan bagi Anda dan tim bisnis Anda untuk tetap berada di jalur yang tepat sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Metrik ini penting untuk diperhitungkan karena dapat Anda gunakan sebagai acuan dari keputusan atau strategi bisnis lanjutan Anda.

Indikator Kinerja:

Hasil yang diperoleh pada sales call report harus melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Artikel Terkait: 10 KPI Call Center yang Harus Dilacak Perusahaan


Dapatkan Aplikasi Terbaik untuk Mengukur KPI Telesales?

Tak hanya KPI telemarketing, KPI telesales juga sangat penting untuk diukur pada sebuah bisnis atau perusahaan. Menentukan dan mengukur KPI yang tepat dapat dikatakan sulit bagi sebagian orang, namun Anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan sistem CRM telesales dari Qontak.com.

Qontak.com telah melayani lebih dari 1000 perusahaan besar di Indonesia dalam mengelola bisnisnya menggunakan CRM telesales terbaik dengan fitur canggih dan lengkap. Salah satu keunggulan lainnya, Anda dapat bebas mengintegrasikan CRM telesales dengan aplikasi bisnis lainnya karena aplikasi yang disediakan Qontak bersifat Omnichannel.

Kategori : BisnisSales
WhatsApp WhatsApp Sales